Pengertian Kelangkaan Dalam Ilmu Ekonomi

Inti dari ilmu ekonomi adalah adanya kelangkaan. Kelangkaan adalah suatu keadaan saat manusia ingin mengonsumsi jauh lebih banyak dari apa yang tersedia. Kelangkaan bukan berarti barang itu sedikit atau terbatas tetapi adanya kesenjangan antara kebutuhan dan barang yang tersedia. Barang-barang dan sumber daya ekonomi memperlihatkan adanya keterbatasan atau kelangkaan. Maka, atas dasar kelangkaan itu, barang terbagi atas barang langka (barang ekonomi) dan barang tidak langka (barang bebas).

Contoh Kelangkaan Air

Contoh Kelangkaan Air

Sumber daya ekonomi atau lebih dikenal dengan faktor produksi juga tersedia relatif terbatas sehingga untuk memperolehnya tidak gampang. Tetapi harus ada pengorbanan. Dengan demikian, sumber daya ekonomi bersifat langka. Sumber daya alam kelihatannya melimpah ruah, tetapi apa yang tersedia masih perlu pengolahan lebih lanjut agar bisa dimanfaatkan manusia. Begitupun sumber daya modal dan sumber daya manusia, keduanya juga mengalami kelangkaan.

Contoh Sumber Daya Alam

Contoh Sumber Daya Alam

Oleh karena kelangkaan sumber daya tersebut, perlu dilakukan usaha penghematan (efisiensi). Individu atau masyarakat perlu melakukan pemilihan sumber daya untuk digunakan dalam kegiatan produksi sehingga apa yang dilakukan akan mendatangkan keuntungan.

Contoh Kekeringan

Contoh Kekeringan

You may also like...