Materi Rangkaian Listrik Seri dan Pararel untuk Mapel IPA Kelas 6 SD

Rangkaian listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Contoh alat-alat listrik yang sering digunakan dalam rangkaian listrik sederhana adalah saklar dan lampu. Saklar adalah alat listrik yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik. Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik, maka rangkaian listrik tersusun dengan tiga cara, yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran.

1. Rangkaian Seri

Rangkaian Seri

Rangkaian Seri

Rangkaian seri adalah rangkaian alat-alat listrik yang disusun berurutan tanpa cabang. Perhatikan gambar di samping!
Berdasarkan contoh rangkaian seri di samping, maka ciri-ciri rangkaian seri adalah sebagai berikut.

  • Arus listrik mengalir tanpa melalui cabang. Arus listrik yang mengalir melalui lampu 1 melalui lampu 2, demikian pula yang melalui baterai 1 dan baterai 2.
  • Jika salah satu alat listrik di lepas atau rusak maka arus listrik akan putus.

 

2. Rangkaian Pararel

Rangkaian Pararel

Rangkaian Pararel

Rangkaian paralel adalah rangkaian alat-alat listrik yang dihubungkan secara berjajar dengan satu atau beberapa cabang. Alat listrik yang dapat dirangkai secara paralel adalah lampu dan baterainya. Perhatikan gambar rangkaian paralel di samping!

 

Berdasarkan contoh di samping, maka ciri-ciri rangkaian paralel sebagai berikut.

  • Arus mengalir melalui satu cabang atau lebih. Arus listrik yang melalui lampu 1 atau baterai 1 tidak melalui lampu 2 atau baterai 2.
  • Jika salah satu alat listrik di lepas atau rusak, arus listrik akan tetap mengalir melalui cabang yang lain. Rangkaian listrik di rumah kita disusun paralel, sehingga jika salah satu lampu dipadamkan lampu lainnya tetap menyala.