Contoh Modulus Elastisitas dalam Kehidupan Sehari – Hari

Banyak sekali contoh modulus elastastisitas dalam kehidupan sehari – hari, seperti mainan anak – anak, perlengkapan rumah tangga, kendaraan, sampai alat – alat elektronik. Namun, disini kita akan membahas beberapa contoh penerapan elastisitas dalam kehidupan sehari – hari:

1. Alat Ukur Gaya Tarik Kereta Api

Alat ukur gaya tarik kereta api dilengkapi dengan sejumlah pegas yang disusun sejajar. Pegas – pegas tersebut dihubungkan ke gerbong kereta api. Hal tersebut dilakukan untuk mengukur gaya tarik kereta api sesaat sebelum meninggalkan stasiun.

2. Peredam Getaran atau Goncangan pada Kendaraan Bermotor

Penyangga badan kendaraan bermobor (mobil misalnya) dilengkapi pegas yang kuat sehingga goncangan yang terjadi pada saat mobil melewat jalan yang tidak rata dapat diredam. Dengan demikian, keseimbangan mobil dapan dikendalikan.

3. Dalam Rancangan Bangunan

Untuk menentukan jenis logam yang digunakan dalam membangan sebuah tempat tinggal dan sarana prasarana seperti jembatan, jalan raya, pesawat, dan sebagainya, maka modulus Young, tetapan pegas, dan sifat elastisitas logam secara umum harus diperhitungkan.

4. Dalam Bidang Olahraga

Dalam bidang olahraga, sifat elastisitas bahan diterapkan, antara lain pada papan loncaran pada cabang olahraga loncat indah dan tali busur pada olahraga panahan. Karena dengan adanya papan yang memberikan gaya Hooke pada atlet, maka atlet dapat meloncat lebih tinggi daripada tanpa papan, sedangkan tali busur memberikan gaya pegas pada busur dan anak panah.


Referensi:

  1. Sari, Nurmala. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System (LCDS) untuk Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. UNILA. Diakses Tanggal 23 Oktober 2018.

You may also like...