5 Contoh Penerapan Hukum Newton dalam Bidang Kesehatan

Contoh penerapan hukum newton dalam bidang kesehatan, yaitu:

  1. Seseorang yang berada dalam bus yang berjalan dan tiba – tiba berhenti, maka badan orang tersebut akan tersentak keras ke depan. Namun kepala cenderung tidak bergerak dan tersentak dalam posisi yang menjulur. Karena kepala melekat pada badan, maka kepala akan terbentur dengan keras ke depan menyebabka kerusakan pada vertebra serviks. (Hukum Newton 1)
  2. Pengukuran massa bayi dengan suatu timbangan pegas. Saat bayi ditimbang, pada bayi bekerja gaya berat w yang disebabkan oleh percepatan gravitasi bumi. Pada saat dalam keadaan setimbang bayi tidak bergerak – gerak, maka gaya berat w akan sama dengan tegangan tali T. Tegangan tali T akan terukur pada angka yang ditunjukkan oleh timbangan. (Hukum Newton 1)
  3. Seorang perawat sedang mendorong pasien yang ditidurkan di atas sebuah strecher dengan gaya F. Oleh karena gaya F tersebut, strecher menjadi bergerak dengan percepatan. (Hukum Newton 2)
  4. Seorang tenaga medis yang memindahkan troli dari keadaan diam menjadi bergerak. (Hukum Newton 2)
  5. Saat seorang dokter berjalan, hentakan kaki ke permukaan lantai mengartikan bahwa dokter tersebut menekankan kakinya ke permukaan lantai dengan gaya reaksi bumi yang sama melali lantai pada kaki dokter tersebut.

You may also like...