10 Contoh Penerapan Hukum Newton pada Gerak Makhluk Hidup dan Benda

Contoh penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda, yaitu:

1. Manusia dan Mobil

Mobil Melaju Kencang

Mobil Melaju Kencang

Ketika mobil bergerak maju secara tiba – tiba, maka tubuh akan terdorong ke belakang, demikian juga ketika mobil tiba – tiba direm, tubuh akan terdorong ke depan. Hal ini diakibatkan karena tubuh memiliki kecenderungan untuk tetap diam jika diam dan juga memiliki kecenderungan untuk terus bergerak jika telah bergerak.

2. Pensil di Luar Angkasa

Ketika seorang astronaut mendorong sebuah pensil di luar angkasa, pensil tersebut bergerak lurus dengan laju tetap dan baru berhenti setelah menabrak dinding pesawat luar angkasa. Hal ini disebabkan karena di luar angkasa tidak ada udara, sehingga tidak ada gaya gesek yang menghambat gerak pensil tersebut.

3. Pemain Ice Skating

Pemain ice skating tetap dapat meluncur dengan kecepatan tetap karena lapangan ice skating sangat licin sehingga gaya gesek antara sepatu pemain ice skating dengan lapangan sangat kecil dan dapat diabaikan.

4. Lift

Lift Menara Eiffel

Lift Menara Eiffel

Lift yang diam atau bergerak dengan kecepatan tetap maka gaya normal (N) akan sama denga gaya tarik bumi (w). Sedangkan untuk lift yang sedang bergerak dipercepat/diperlambat, maka gaya tekan akan sama dengan gaya normal tetapi tidak sama dengan gaya tarik bumi.

5. Bakso Keliling

Tukang bakso yang mendorong gerobak bakso dengan gaya tertentu dan gerobak tersebut akan berjalan dengan percepatan tertentu pula.

6. Kelereng Besar dan Kelereng Kecil

Kelereng Besar dan Kecil

Kelereng Besar dan Kecil

Kelereng kecil saat dimainkan akan lebih cepat menggelinding, sedangkan kelereng yang besar relatif lebih lambat menggelinding.

7. Memindahkan Sendok dan Batu

Ketika kita memindahkan sendok makan yang ringan akan lebih cepat sampai daripada memindahkan batu yang berat jika kita menggunakan gaya yang sama besar.

8. Gadis dan Tembok

Seorang gadis yang bersender ke tembok kemudian memberikan dorongan terhadap tembok, maka tembok akan mendorong anak tersebut dengan gaya yang besarnya sama tetapi berlawanan arah.

9. Tank

Ketika tank menembakkan peluru, tank mendorong peluru ke depan. Sebagai reaksi, peluru mendorong tank ke belakang sehingga tank terdorong ke kebelakang. Gaya aksi – reaksi ini menyebakan tank terlihat tersentak ke belakang sesaat setelah menembakkan peluru.

10. Buku yang Terletak di Atas Meja

Buku yang diletakkan di atas meja akan ditarik bumi ke bawah dengan gaya yang besarnya seberat buku. Meja memberikan gaya dorong kepada buku yang sama besar dengan gaya tarik bumi sehingga jumlah kedua gaya yang bekerja pada buku sama dengan nol yang mengakibatkan buku dapat tetap berada di atas meja dan meja bisa mempertahankan keadaan agar tidak ambruk ketika ditumpangi buku.

You may also like...